The Ambarawa Railway Museum. Museum Kereta Api Ambarawa. World's Valuable Heritage.

Free Shipping on order $35+

Sunday, May 11, 2008

Museum Kereta Api Ambarawa. SEJARAH

Sejarah Museum Kereta Api Ambarawa ini mengacu pada buku berjudul:

MUSEUM KERETA API AMBARAWA - THE AMBARAWA RAILWAY MUSEUM yg saya beli di museum tersebut seharga Rp. 10.000,- pada Desember 2007. Buku ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Buku sampul kuning (yg lebih tepat disebut foto-copy-an) ini tidak ada penerbitnya, tetapi pada halaman terakhir buku tsb (hal. 39) di sana dicantumkan Daftar Pustaka, yakni:

The Telaga Bukit Nusantara, 1997. SEJARAH PERKERETA APIAN INDONESIA, Jilid I. Bandung: Angkasa.

Kepala Stasiun Kereta Api Ambarawa. MUSEUM KERETA API INDONESIA.

----

Museum Kereta Api Ambarawa diresmikan pada tgl 21 April 1978 (hal. 1). Siapa yg meresmikan? Dalam buku ini tidak disebutkan secara pasti, tetapi di sana dikatakan bahwa pada tgl 21 April 1978 Menteri perhubungan saat itu, Bpk. Roesmin Noerjadin meninjau museum ini dan menikmati wisata dengan kereta api bergigi (hal. 9). Bagaimana proses "terjadinya" Museum Kereta Api Ambarawa ini? Berikut ini saya sarikan dari buku tsb.

Sejarah Kereta Api di Indonesia.

Perkereta-apian di Indonesia dimulai oleh N.V. NISM. Pada tgl 7 Juni 1864 perusahaan ini membangun jalur rel kereta api di Jawa Tengah antara Semarang - Surakarta - Yogyakarta. Ketika Indonesia sudah merdeka, pada thn 1950 Dinas Kereta Api (DKA) mulai memodernisasi lokomotif uapnya dengan lokomotif diesel yg lebih modern dan lebih efisien. Memasuki thn 70'an lokomotif uap kemudian menjadi semacam "barang antik" setelah tidak lagi diproduksi oleh produsen mereka.

Dari sinilah timbul gagasan untuk membuat museum kereta api. Gubernur Jateng saat itu, Bpk. Soepardjo Rustam, bekerjasama dengan Kepala PJKA (Perusahaan Jawatan Kereta Api) mulai mengumpulkan lokomotif uap dan menempatkannya di stasiun Ambarawa.

BERSAMBUNG....

No comments:

The Ambarawa Railway Museum. Museum Kereta Api Ambarawa.